Blogroll

Rabu, 02 Mei 2012

Tips Meningkatkan Motivasi Belajar


Sebenarnya stimulus motivasi belajar
Terdapat 2 faktor yang membuat seseorang dapat termotivasi untuk belajar, yaitu:
* Pertama, motivasi belajar berasal dari faktor internal. Motivasi ini terbentuk dari dalam diri kita sendiri.
* Kedua, motivasi belajar dari faktor eksternal, yaitu dapat berupa rangsangan dari orang lain, atau lingkungan sekitarnya.

Tips-tips meningkatkan motivasi belajar

Motivasi belajar tidak akan terbentuk apabila orang tersebut tidak mempunyai keinginan, cita-cita, atau menyadari manfaat belajar bagi dirinya(sengaja ditebelin gan, ini penting). Oleh karena itu, dibutuhkan pengkondisian tertentu, agar diri kita atau siapa pun juga yang menginginkan semangat untuk belajar dapat termotivasi.
Nih tips tipsnya:

1.       Bergaul dengan orang yang giat belajar

Pernah denger kan analogi orang yang berteman dengan tukang sampah atau penjual minyak wangi. Jika kita berteman dengan penjual minyak wangi, maka kita juga akan berbau wangi. Dan jika kita berteman dengan tukang sampah, maka kita juga bakalan bau sampah. Jadi intinya kita harus berteman dengan orang pintar (macam saya nih… hehe…) biar kita ikut pintar.
2.       Bergaul                                                                                                                                                     Bergaul dengan orang-orang yang senang belajar dan berprestasi, akan membuat kita pun gemar belajar.     Selain itu, coba cari orang atau komunitas yang mempunyai kebiasaan baik dalam belajar.
Bertanyalah tentang pengalaman di berbagai tempat kepada orang-orang yang pernah atau sedang melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, orang-orang yang mendapat beasiwa belajar di luar negeri, atau orang-orang yang mendapat penghargaan atas sebuah prestasi.

3.       Belajar apapun

Pengertian belajar di sini dipahami secara luas, baik formal maupun nonformal. Kita bias belajar tentang olahraga, merakit komputer, belajar wirausaha, dll. Sehingga wawasan kita luas dan bias menjadi anak yang kreatif.

4.       Belajar dari internet

Pada punya internet kan?? Jangan dipake buat buka yang begituan mulu. Coba kalian gunakan internet untuk berkumpul dengan orang orang yang gemar belajar, atau artikel artikel berguna (macam blog ini… wkwk..) Jaman sekarang mah gampang, tinggal cari di Om Goog atau Mba Wiki, kita sudah mendapatkan informasi yang diinginkan.

5.       Bergaulah dengan orang-orang yang optimis dan selalu berpikiran positif

Di dunia ini, ada orang yang selalu terlihat optimis meski masalah merudung. Kita akan tertular semangat, gairah, dan rasa optimis jika sering bersosialisasi dengan orang-orang atau berada dalam komunitas seperti itu, dan sebaliknya.

6.       Cari motivator

Manusia itu makhluk social, jadi manusia butuh orang lain sebagai pemacu atau mentor dalam menjalani hidup. Misalnya: Teman (yang pinter..), pacar, ataupun pasangan hidup. Anda pun bisa melakukan hal serupa dengan mencari seseorang/komunitas yang dapat membantu mengarahakan atau memotivasi Anda belajar dan meraih prestasi.

7.       Pacar/Gebetan

Buat yang masih SMA/SMP atau kuliah, *menurutsaya* pacar itu jika dimanfaatkan dengan benar, maka hasilnya akan bagus pula. Seperti motivasi belajar. Dengan adanya pacar atau gebetan, maka kita bakal bersaing dengan doi sendiri atau orang lain untuk mendapatkan perhatian lebih dari doi. Terus, pacar itu juga bias membantu kita dalam hal pelajaran, misalnya ngajarin kita. Jadi kita harus memilih pacar yang pinter biar kita ikut pinter…. Hehehe…

Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

Diberdayakan oleh Blogger.

Search

Popular posts

 
© HelmBolongggg
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top